Warna Dasar, Mengenal Warna Primer Aditif dan Subtraktif

Posted on
Share

Pemilihan warna yang tepat sangat dibutuhkan dalam beberapa macam hal, seperti pemilihan cat untuk dinding rumah, melukis, menggambar dan lainnya. Tentunya ada banyak sekali jenis warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Namun tidak ada salahnya jika Anda belajar mengenai warna dasar terlebih dahulu.

Apa Itu Warna Dasar?

Warna dasar bisa dikatakan sebagai warna pokok atau prime. Warna tersebut terdiri atas merah, biru dan kuning. Namun ada pendapat juga dasar warna itu merah, hijau dan kuning. Melansir dari laman 99.co, dua pendapat tersebut sebenarnya benar. Merah, biru dan kuning merupakan dasar untuk benda. Sebaliknya merah, kuning dan hijau jadi warna dari cahaya.

Kenalan dengan Warna Dasar

Melansir dari laman  edupaint.com berdasarkan teori warna yang berasal dari Brewster awal mulanya manusia mengira jika dasar warna adalah  merah, kuning dan hijau. Namun pada penelitian yang lebih lanjut ternyata ada tiga jenis warna primer yakni merah menyerupai darah, kuning mirip kuning telur, serta biru yang mirip seperti biru laut atau biru langit.

Kemudian tiga warna tersebut yang pada akhirnya menjadi warna primer dan digunakan pada seni rupa. Campuran warna primer mampu menghasilkan warna sekunder yakni jingga, ungu, dan hijau. Nah dari sini cukup ada gambaran ya jika warna hijau merupakan campuran biru dan kuning. Jadi bukan warna primernya.

Warna Primer Aditif

Warna dasar aditif
sumber gambar: pinterest dari nosoyunacebolla.blogspot.com.es

Warna primer aditif adalah warna merah, hijau dan biru. Perpaduan atau campuran dari warna-warna ini mampu menciptakan warna baru. Beberapa di antaranya ada di bawah ini:

  • Merah dan hijau jadi warna kuning atau orange
  • Hijau biru jadi warna nuansa biru kehijauan
  • Merah dan biru warna nuansa ungu
  • Campuran dengan takaran yang seimbangan dari merah, biru, dan hijau jadi warna nuansa kelabu
  • Campuran ketiga warna dengan penuh menghasilkan warna putih.

Warna Primer Substraktif

sumber gambar: pinterest dari nosoyunacebolla.blogspot.com.es

Warna primer Substraktf mampu menghasilkan warna seperti di bawah ini:

  • Kuning dan biru kehijauan jadi warna hijau
  • Warna kuning dan ungu jadi ungu kemerah-merahan
  • Ungu kemerah-merahan dan biru kehijau-hijauan jadi warna biru
  • Mencampurkan dalam ukuran seimbang jadi abu-abu
  • Mencampurkan dalam secara penuh jadi hitam.

Bagaimana sudah cukup memahami mengenai warna dasar ya? Di atas adalah beberapa penjelasan singkat saja. Nantinya akan ada beberapa penjelasan lainnya mengenai warna. Jangan lupa untuk selalu kunjungi website kami ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *