Rumus Dasar Dalam Metode Campuran Warna

Posted on
Share

Seperti yang telah Anda ketahui dari beberapa penjelasan artikel sebelumnya warna terdiri dari tiga jenis. Warna tersebut adalah warna primer, sekunder dan tersier. Nah agar bisa mendapatkan warna baru sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, caranya dengan rumus dasar campuran warna. Berikut beberapa metode atau cara pencampuran warna. 

teknik dan rumus dasar campuran warna
sumber gambar: pinterest dari studio_calisto

Mencampurkan Warna Muda Pada Warna Tua

Langkah pencampuran warna yang pertama yakni mencampurkan warna muda ke warna paling tua. Seperti halnya Ketika Anda hendak membuat warna merah muda, langkahnya adalah dengan mencampurkan warna merah dan putih. Pertama-tama siapkan wadah kemudian tuangkan warna putih ke wadah tersebut. Tambahkan warna merah sedikit demi sedikit ke warna putih pada wadah sambil diaduk. 

Mencampurkan Warna Primer dengan Warna Sekunder

Seperti yang telah Anda ketahui warna sekunder adalah warna kedua sebagai hasil atas pencampuran dari dua warna primer. Namun Selain itu Anda juga bisa menambahkan warna-warna universal atau umum. Hanya saja selalu perhatikan takaran dari setiap pencampuran warna. Berikut beberapa contohnya:

  • Merah tua: mengkombinasikan warna merah dengan hitam.
  • Hijau: mencampurkan warna kuning dengan biru.
  • Pink: dengan mencampurkan warna putih dengan merah.
  • Abu-abu: campuran warna putih dengan hitam.
  • Jingga kombinasi dari warna kuning dengan merah.
  • Ungu mengkombinasikan warna biru dengan merah.

Campuran Warna Sekunder Jadi Warna Tersier

Cara yang Anda lakukam untuk mendapatkan warna tersier adalah mencampurkan tiga warna atau. Sebutkan warna tersier sendiri pada dasarnya karena jumlah dari kombinasinya tidak terbatas. Jadi ada kebebasan untuk menyesuaikan warna berdasarkan kreativitas masing-masing. Contohnya berikut ini:

  • Cokelat, berasal dari penggabungan warna merah, hijau, biru serta kuning.
  • Kuning lemon dibuat dari warna hijau serta kuning
  • Marun dengan menggabungkan warna coklat dan merah.
  • Warna pasir gabungan warna hitam, coklat serta putih.
  • Biru dongker, penggabungan warna merah serta biru atau bisa memakai warna biru dan ungu.

Campuran Warna untuk Menghasilkan Warna Gelap dan Terang

Jika Anda ingin membuat warna dengan konsep terang maupun gelap maka langkah yang bisa dilakukan juga cukup sederhana. Jika ingin menghasilkan warna yang lebih terang maka campuran warna putih ke dalam warna yang anda inginkan. Hanya saja tuangkan warna putih dikit demi sedikit ya. 

Sedangkan untuk warna gelap Anda dapat mencampurkan warna hitam. Seperti halnya dengan cara sebelumnya tambahkan warna hitam sedikit demi sedikit hingga memperoleh warna yang diinginkan. 

Ternyata ada cukup banyak ya warna hasil dari pencampuran beberapa jenis warna? Anda dapat menggunakan beberapa cara maupun metode campuran warna tadi untuk menghasilkan beberapa jenis warna sesuai kebutuhan maupun keinginan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *