Mengenal dan Palet Lukis Sebagai Salah Satu Alat Lukis

Share

Ada banyak sekali alat lukis, salah satu yang tidak kalah penting dari alat lukis lainnya adalah palet lukis. Palet sendiri merupakan lempengan atau papan sebagai wadah untuk meletakkan serta mencampurkan beberapa warna cat.

Di pasaran sendiri, ada berbagai jenis palet. Mulai dengan palet berdasarkan jenis cat hingga jenis berdasarkan material membuat palet. Agar proses melukis jadi terasa lebih nyaman dan aman, maka sangat Anda perlu memiliki jenis palet yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.  Berikut pembahasan mengenai palet.

Mengenal Lebih Dalam Palet Lukis

Palet lukis dengan beberapa cat warna di atasnya
Sumber gambar: Pinterest.com dari We Heart It

Bahan untuk Membuat Palet

Ada berbagai jenis bahan untuk membuat palet. Mulai dari plastik, kayu, keramik, aluminium, serta bahan-bahan yang lain. Bukan hanya itu saja, dalam proses pembuatan palet harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya palet harus menggunakan bahan material keras, tidak memiliki pori dan tidak mudah bereaksi dengan cat lukis.

Para pelukis pada umumnya memilih menggunakan palet yang terbuat dari papan kayu tipis. Jenis material ini mudah untuk dipegang pada tangan. Dengan begitu, palet bisa berpangku pada tangan pelukis.

Palet untuk Cat Air

Berbeda dengan jenis palet untuk cat lainnya, bentuk palet cat air biasanya terbuat dari porselen maupun plastik yang memiliki bentuk lingkaran atau persegi panjang. Selain itu, pada bagian palet juga ada cekungan kecil yang di mana fungsinya adalah untuk menarik cat. Cekungan tersebut juga menjadi tempat untuk mencampur cat.

Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih palet yang dapat dilipat. Serta mempunyai minimal 3 sampai 4 partisi sehingga bisa mencampur berbagai warna secara bebas ketika proses melukis.

Jenis-jenis Palet Lukis

Seperti penjelasan awal ada beberapa jenis palet dan seni melukis, seperti di bawah ini:

  1. Box palette, memiliki banyak partisi dan bisa dilipat
  2. Design palette mempunyai banyak partisi yang mana ada bagian pinggir yang memiliki desain lebih dalam.
  3. Auxiliary palette memiliki jumlah partisi sedikit, berfungsi untuk mencampur banyak cat.

Itulah pembahasan mengenai palet lukis yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan melukis. Membahas tentang lukisan tentu tidak jauh dari yang namanya mural. Nah, mural sendiri adalah salah satu jenis lukisan, hanya saja medianya pada bagian ruangan yang sifatnya permanen.

Jika Anda sedang membutuhkan jasa lukis maka bisa menghubungi Mural Jogja. Selain memberikan hasil yang terbaik sesuai keinginan klien. Proses pengerjaan mural relatif cepat dan tepat waktu. Yuk, cek Instagram Mural Jogja untuk melihat contoh karyanya secara lengkap!

Baca juga: Inovasi Mural Restaurant untuk Usaha Kuliner Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *