Mengenal Beragam Jenis Kuas Lukis untuk Artist Profesional

Share

Untuk jadi artist yang profesional, tentu kamu tidak hanya membutuhkan bakat saja. Melainkan juga berbagai macam tools atau alat yang mendukung terciptanya sebuah karya seni yang mengagumkan. Salah satu alat yang perlu kamu miliki adalah berbagai jenis kuas lukis.

Kuas sendiri adalah alat yang dipakai oleh artist dalam menorehkan car pada kanvas atau media lukis. Kuas akan membuat kamu lebih mudah dalam membentuk gambar.

Meski ada teknik lukis tanpa kuas, tetapi, alat ini sangat penting dalam melukis terutama untuk pemula. Melukis tanpa kuas hanya digunakan untuk cat akrilik atau cat air yang memiliki tekstur lebih kental.

Nah, untuk jadi artist profesional, kamu harus mengenal beragam jenis kuas lukis terlebih dahulu. Berikut ulasannya!

Kuas Bulat (Round Brush)

Round brush biasanya dipakai oleh watercolorist. Sebab, kuas ini mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Alat lukis untuk cat air ini akan sangat memudahkan untuk membuat jenis garis yang tipis atau tebal sekalipun.

Ada baiknya bagi kamu menggunakan round brush hanya untuk media yang memiliki ukuran besar. Untuk objek yang detail dan kecil, silakan pilih jenis kuas dengan diameter yang kecil.

Jenis Kuas Lukis Datar (Flat Brush)

Selanjutnya, ada jenis kuas lukis yang mempunyai bentuk ferrule. Dimana ujung kuas lurus, datar, dan pipih. Namun, ada juga yang mempunyai bentuk persegi panjang,

Kuas ini akan menghasilkan garis yang baik saat membuat kontur yang lurus. Kebanyakan menggunakan kuas jenis ini untuk melukis area tepi. Ada beberapa jenis kuas datar, yakni bright brush, angle brush, dan filbert brush.

Kuas Kipas (Fan Brush)

Nama kuas fan senditi karena mempunyai bentuk melebar layaknya sebuah kipas. Fan brush biasnya digunakan pada saat membuat efek daun. Dengan menggunakan jenis kuas lukis yang satu ini, kamu pun akan mampu membuat efek daun dengan tampilan yang seperti nyata.

Jenis Kuas Lukis MOP

Kuas terbuat dari bulu domba atau tupai. Sehingga, teksturnya sangat halus. Banyak pelukis yang menggukannya untuk menggambar area yang besar. Kamu juga bisa menggunakan kuas MOP untuk mewarnai lukisan.

Kuas Rigger

Jenis kuas lukis yang satu ini mempunyai ujung yang runcing. Sangat cocok untuk menggambar objek dengan detail yang tinggi. Sebab, hasil goresannya adalah garis-garis tipis.

Semua jenis kuas di atas sangat penting untuk menghasilkan lukisan yang cantik dan sesuai keinginan. Kuas-kuas tersebut akan menjadikan seseorang tampak lebih profesional. Nah, membahas tentang profesional, jika kamu butuh jasa mural yang profesional, silakan hubungi Mural Jogja. Percayakan pada kami mural yang ingin kamu wujudkan di ruanganmu. Cek juga IG Mural Jogja untuk melihat hasil karya dari klien sebelumnya.

Baca juga: Desain Bohemian Yang Cocok Diterapkan di Ruanganmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *