Mengenal Beberapa Teknik dalam Melukis

Posted on

Ada cukup banyak teknik yang bisa digunakan dalam melukis dan biasanya para pelukis juga akan memilih salah satu jenis teknik dimana mampu memberikan kenyamanan. Masing-masing pelukis akan memiliki jenis teknik yang berbeda satu dengan lainnya. Nah di bawah ini adalah beberapa jenis teknik dalam melukis.

Teknik Plakat

Teknik plakat adalah teknik melukis yang bisa dilakukan dengan beberapa jenis cat seperti cat air, cat akrilik serta cat minyak menggunakan sapuan tebal serta komposisi cat bertekstur kental. Hal ini nantinya akan memberikan kesan yang colorful di setiap karya lukisan.

Teknik seni jenis plakat bahkan juga sering digunakan oleh para pelukis professional agar bisa menghasilkan lukisan yang mana bisa terlihat lebih mempesona serta memiliki nilai ekonomi tinggi.

Teknik Pointillist

Teknik ini pada dasarnya akan membutuhkan kesabaran yang lebih dibandingkan dengan teknik lukis jenis lainnya. Pasalnya cara kerja dari teknik pointillist memakai titik-titik agar bisa menghasilkan lukisan indah. Terkadang para pelukis juga akan menggunakan gradasi warna agar bisa mengatur gelap terang pada sebuah lukisan.

Teknik Basah

Teknik basah adalah teknik melukis yakni dengan cara mengencerkan cat minyak memakai linseed oil. Jika cat sudah diencerkan dalam kekentalan yang diingikan, maka barulah cat akan dipoleskan ke atas permukaan kanvas. Jenis kuas yang pada umumnya digunakan di dalam teknik ini adalah kuas jenis bulu panjang. Kelebihan dari teknik yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Tidak membutuhkan banyak cat minyak
  • Cat minyak yang mana menempel pada bagian palet masih dapat digunakan
  • Lukisan jadi lebih terlihat bersih bahkan proses memblok warna cenderung akan lebih cepat

Teknik Kering

Kebalikan dari teknik basah, teknik lukis kering ini dapat diartikan sebagai melukis tanpa memakai linseed oil. Sedangkan jenis kuas yang dipakai pada teknik kering biasanya harus dalam keadaan kering dan tidak berminyak. Teknik ini disarankan untuk memakai cat yang mana baru keluar dari dalam tube.

Teknik kering sangat cocok dipakai saat melukis agar bisa memberikan kesan volume dan keruangan, misalnya jenis naturalism, realism serta surelism. Kelebihan dari teknik ini adalah sebagai berikut:

  • Lebih mudah pada saat menghapus warna yang mana sudah menumpuk dengan warna lain
  • Lebih mudah untuk mengontrol detail dari lukisan
  • Lebih mudah dalam membentuk objek, kesan ruang serta volume
  • Cat yang akan lebih bisa cepat kering

Di atas ada beberapa teknik yang ada dalam melukis, selain beberapa jenis teknik tadi masih ada beberapa teknik lainnya. Anda pun bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *