Mengenal 5 Jenis Cat untuk Melukis

Posted on
Share

Bagi sebagian besar orang yang suka menggambar mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan beberapa jenis cat dalam melukis. Ada beberapa jenis cat yang mana bisa Anda pilih dan gunakan untuk melukis dimana bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga selera. Di bawah ini beberapa jenis cat yang mungkin bisa Anda gunakan untuk melukis.

Cat Air

Sama halnya dengan mana dari jenis cat ini yakni cat air merupakan jenis cat berbahan dasar air. Bahan dasar air memberikan Anda kemudahan untuk memakai air untuk bahan pengencer saat menggunakannya. Cat air biasanya dipakai untuk melukis gambar dengan media kertas dan dibantu menggunakan alat lukis berupa kuas. Tekniknya sendiri adalah teknik transparan.

Salah satu yang jadi kelebihan dari cat air yakni sifatnya lebih cepat kering. Sehingga, proses dari pengerjaan gambar nantinya akan lebih cepat. Meskipun begitu Anda tetap harus berhati-hari saat menggunakan cat air dengan media kertas sebab jika tidak hati-hati maka kertas  bisa cepat rusak dan juga robek.

Cat Akrilik

Jenis cat akrilik adalah cat dimana bahannya juga berbasis air. Hanya saja untuk teksturnya mungkin tergolong lebih pekat apabila dibandingkan dengan cat air. Cat akrilik sendiri sangat cocok jika Anda gunakan pada media lukis seperti, kayu, dan lainnya. Cat jenis ini juga lebih cepat kering sehingga Anda pun bisa menggunakannya pada berbagai macam teknik lukis. Meskipun begitu sangat disarankan untuk melukis transparan.

Cat Semprot

Spray atau cat pada umumnya sering dikenal dengan sebutan pilox dimana merupakan salah satu jenis cat dengan cara pengaplikasian disemprotkan. Jenis cat ini biasnya akan digunakan dalam melukis dinding untuk membuat graffiti. Namun tidak sedikit pula para seniman yang menggunakan cat semprot untuk membuat lukisan agar hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Cat Poster

Cat poster mungkin hampir sama ya dengan cat air. Bahan dasar cat jenis ini juga air. Mungkin saja cat poster lebih pekat dibandingkan dengan cat air atau opaque. Cat ini pada umumnya digunakan pada medium kertas yang mana cenderung lebih cepat mengering.

Cat Minyak

Cat merupakan salah satu peralatan dalam melukis dimana catnya berbasis minyak. Atau, memakai bahan pengencer yakni minyak. Keuntungan jika Anda menggunakan cat minyak yakni warna dari hasil gambar bisa lebih tajam serta tahan lama. Efek kilap akan dihasilkan juga mempunyai sisi unik yang tersendiri.

Nah di atas tadi adalah 5 jenis yang mana bisa Anda gunakan untuk menggambar atau melukis. Pilih saja jenis yang mana sesuai dengan kebutuhan Anda untuk melukis, jika media yang digunakan kertas Anda bisa memilih cat minyak. Selain itu juga bisa menggunakan cat akrilik untuk beberapa media seperti kanvas, kayu dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *