Lingkaran Warna, Pengelompokan, Hubungan Antar Warna

Posted on
Share

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang lingkaran warna atau color ring bukan? Color ring sendiri merupakan lingkaran yang terdiri atas warna primer dan juga warna sekunder. Seperti yang sudah Anda ketahui dari artikel sebelumnya mengenai teori warna. Warna primer terdiri dari merah, biru dan kuning.

Ketiga warna primer bisa menghasil warna lain yakni warna sekunder seperti jingga, ungu dan hijau. Pencampuran warna sekunder dan primer akan menghasilkan warna tersier. Jika Anda sudah memahami warna pokok dan turunannya maka semakin mudah pula dan memilih dan padu padan warna. Berikut pengelompokan warna berdasarkan color ring.

sumber: pinterest watercolor affair

Pengelompokan Warna Berdasarkan Lingkaran Warna

Warna Netral pada Lingkaran Warna

Warna Netral adalah jenis warna yang mana tidak memiliki kemurnian warna lagi. Artinya bukan termasuk pada warna primer maupun sekunder. Dengan kata lain warna tersier berasal dari pencampuran warna primer dan juga sekunder.

Warna Kontras

Warna kontras adalah beberapa jenis warna yang memiliki kesan berlawanan apabila dibandingkan dengan warna lainnya. Warna-warna kontras sendiri berasal dari pencampuran dua warna yang lelatknya pada ring color saling besebrangan. Biasnaya adalah primer dan sekunder yang saling bersebrangan.

Warna Panas atau Hangat

roda warna
sumber: pinterst dari Ree-Fabbed

Warna panas merupakan deratan warna pada setengah lingkaran dari warna atau coloring. Setengah lingkaran tersebut mulai dari warna merah hinggg kuning. Banyak orang beranggapan bahwa warna ini jadi simbol dari rasa riang, semangat, dan lainnya.

Warna Dingin

Warna dingin masuk dalam kelompok warna yang berada di setengah lingkaran. Warnanya mulai dari hijau hingga ungu. Warna dingin mampu memberikan kesan jauh, jadi banyak yang menganggap sebagai simbol suasana sejuk, lembut, nyaman dan lainnya.

Hubungan Antar Warna Berdasarkan Lingkaran Warna

Kontras Komplementer

Kontras komplementer merupakan dua warna yang mana saling bersebarangan satu sama lain. Selain itu juga mempunyai sudut sebesar 180 derajat pada lingkaran. Kedua warna yang ada pada posisi kontras komplementer nantinya akan memberikan hasil hubungan kontras yang terkuat. Misalnya saja warna kuning dengan warna ungu.

Kontras Split Komplementer

Kontras split komplementer adalah pengertian dari dua warna yang saling serta agak bersebrangan. Bisanya dua warna tersebut akan memiliki sudut yang hampir mendekati 180 derajat. Contoh dari warna split komplementer adalah warna jingga yang dipadukan dengan warna hijau kebiruan.

Kontras Triad Komplementer

Kontras triad komplementer merupakan tiga warna yang ada pada color ring. Ketiga jenis warna triad komplementer mampu menjadikan bentuk segitiga sama kaki denga sudut sama sebesar enam puluh derajat.

Kontras Tetrad Komplementer

Kontras tetrad komplementer kadang banyak yang mengenal dengan sebutan double komplementer. Sesuai dengan namanya tetrad maka ada empat warna yang akan menghasilkan bangun datar berbentuk segi empat. Masing-masing sudutnya memiliki besaran sudut 90 derajat.

Bagaimana sudah cukup memahami tentang lingkaran warna atau color ring? Color ring bisa Anda gunakan untuk memadukan warna, membuat warna dari warna primer dan lainnya. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *