Destinasi Wisata Jogja yang Dekat dengan Jalan Malioboro

Share

Mendengar kata Yogyakarta tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata di jalan Malioboro. Malioboro sendiri merupakan salah satu wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Yogyakarta. Di sepanjang jalanan Malioboro ini Anda akan menemukan deretan pedagang kaki lima yang mana menawarkan dagangan seperti pakaian, kuliner bahkan juga pernak-pernik khas Yogjakarta.

Bahkan Malioboro pun jadi tempat wisata yang cukup legendaris di mana tidak pernah sepi dengan pengunjung di setiap harinya.  Baik itu untuk wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Malioboro tidak hanya menawarkan wisata belanja saja namun saat berada di sini Anda juga bisa menikmati beberapa wisata lainnya. Berikut beberapa objek wisata yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Malioboro.

Objek Wisata yang Dekat dengan Jalan Malioboro

Pasar Beringharjo

Gambar dari Deviantart by Pinterest

Pasar Beringharjo menjadi pasar tradisional yang mana paling tua di Yogyakarta. Pasar Beringharjo sendiri memiliki nilai historis yang cukup penting bagi kota Yogyakarta. Pada saat masa berdirinya Keraton Yogyakarta wilayah dari Pasar Beringharjo jadi pusat perekonomian bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya.

Sekarang selain digunakan sebagai pasar, Pasar Beringharjo juga jadi bagian dari wisata Jogja yang mana selalu ramai dengan para pengunjung dari berbagai macam daerah. Kadang kala pasar ini akan buka hingga malam.

Lokasinya tepat berada di jalan Malioboro yakni Jalan Margo Mulyo No 16 Yogyakarta. Sambil menyusuri jalanan yang ada di Malioboro Anda bisa mampir sejenak di pasar tradisional ini untuk membeli berbagai macam barang misalkan batik, pakaian, barang antik, makanan khas dari Jogja hingga barang lainnya.

Benteng Vredeburg di Jalan Malioboro

Pemandangan Benteng Vredeburg di Jalan Malioboro
Gambar dari Dwjusttravel by Pinterest

Berjarak sekitar 180 meter dari kawasan Pasar Beringharjo ke arah selatan Anda bisa menemukan bangunan yang bersejarah. Benteng Ini dulunya merupakan benteng di mana peninggalan dari Belanda dan dibangun sebagai sarana untuk memudahkan mengontrol segala macam perkembangan yang ada di dalam Keraton Yogyakarta.

Saat ini Benteng Vredeburg dialih fungsikan sebagai museum dan di dalamnya terdapat diorama sejarah Indonesia, ruang audio visual, berbagai macam benda bersejarah dan lainnya. Meskipun peninggalan Belanda, Benteng Vredeburg masih terawat dengan baik bahkan tetap mempertahankan bentuk aslinya. Kika anda ingin masuk ke Benteng Vredeburg maka diwajibkan untuk membeli tiket terlebih dahulu.

Titik Nol Kilometer Jogja

Susasan Nol Km di Jalan Maliboro
Gambar dari Stephanie by Pinterest

Masih berjalan menuju arah selatan sekitar 130 meter dari wisata Benteng Vredeburg nantinya anda akan disuguhkan dengan suasana Yogykarta pada titik 0 Km. Tempat yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk bersantai sambil menikmati suasana kota Jogja.

Bahkan kini nol kilometer juga sudah diatur sedemikian rupa menjadi lokasi ramah wisatawan yang mana dilengkapi dengan bangku serta penataan taman yang rapi. Di sekitaran kawasan nol kilometer Yogyakarta Anda akan menemukan beberapa bangunan bersejarah yang masih berdiri dengan megah seperti halnya dengan kantor pos, gedung agung, gedung BNI 46.

Selain beberapa bangunan bersejarah di atas, di Nol Kilometer Yogyakarta juga ada Monumen Serangan 1 Maret di mana dibangun sebagai salah satu monumen untuk memperingati adanya serangan tertara Indonesia terhadap Belanda yakni pada tanggal 1 Maret 1949.

Diatas merupakan beberapa wisata yang ada di kawasan Jalan Malioboro dan tentunya bisa Anda kunjungi saat berada di Malioboro. Jarak lokasi dari satu tempat wisata dengan lainnya tergolong cukup dekat sehingga masih bisa dengan mudah Anda akses dengan berjalan kaki.

Selain itu di bawah ini ada gambar mural menunjukkan gambar dari kawasan Jalan Malioboro. Berapa gambar yang ada dalam surat tersebut misalkan Pasar Beringharjo, benteng Vredeburg, malioboro Mall dan beberapa bangunan lainnya, lengkap dengan dan juga becak khas dari yogyakarta . Jika anda ingin menghias dinding dengan mural desain Landmark dari suatu kota maka bisa menghubungi jasa mural kami yakni mural Jogja pada nomor 0895706347027 atau klik ikon Whatapps.

Mural pemandangan Jalan Malioboro di Pawon Hayu
Mural Suasana Jalan Malioboro di Pawon Hayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *