Cara Merawat Kuas Lukis Agar Tidak Mudah Rusak

Share

Bagi Anda yang memiliki hobi menggambar atau melukis tentunya sudah tahu bukan jika peralatan lukis tidaklah murah. Salah satu alat lukis yang harganya cukup mahal adalah kuas. Kisaran tersebut biasanya menyesuaikan dengan kualitas yang dihadirkan. Namun akan sayang sekali jika Anda punya kuas bagus dan mahal namun tidak tahu cara merawat kuas yang benar. 

Kuas yang tidak dirawat sekalipun mahal tentunya akan mudah rusak ya. Oleh sebab itu Anda sebagai pemiliknya wajib merawatnya agar awet dan bisa digunakan berulang-ulang. Nah di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk merawat kuas. 

cara merawat kuas agar awet dan tidak mudah rusak
Sumber gambar : Pinterest dari Likecity Handycraft

Segera Bersihkan Ketika Sudah Selesai Menggunakan

Jangan pernah lupa bersihkan kuas ketika Anda sudah selesai menggunakannya ya. Walau memang ada beberapa jenis kuas yang akan lama keringnya namun sangat disarankan Anda segera membersihkannya ketika sudah tidak digunakan. 

Tujuannya adalah untuk menjaga kuas agar sisa cat yang menempel tidak kering dan mengeras. Sebab ketika Anda membiarkannya maka kuas akan lebih sulit dibersihkan.

Cara Merawat Kuas dengan Membersihkannya di Sesi Istirahat

Ketika Anda melukis tentunya ada waktu sesi jeda untuk istirahat bukan? Nah tidak ada salahnya Anda menggunakan waktu ini untuk membersihkan kuas. Kuas bisa dibersihkan dengan beberapa cara seperti dengan air, air sabun, atau air sampo. 

Perhatikan Bagian Bulu

Bagian yang berada di dekat ferrule acap kali jadi bagian paling sulit dibersihkan. Namun bagian ini juga memiliki fungsi yang sama dalam mempertahankan bentuk kuas terutama pada bagian ujungnya. Oleh sebab itu selalu usahakan tidak membiarkan kuas yang tercampur cat terlalu lama agar cat yang mengering tidak merusak bagian ujung bulu.

Kuas lukis
sumber gambar : pinterest dari kimberlysjoy

Cara Merawat Kuas dengan Menaruhnya Secara Vertikal ke Atas

Pastikan jika kuas milik Anda tidak bersandar di ujung kuas yang lainnya. Jika Anda membiarkannya maka ada kemungkinan besar kuas menjadi cacat. Anda bisa menyimpan kuas secara vertikal dengan bagian kepala menghadap ke arah atas. Selain itu Anda juga bisa menyimpannya secara horizontal. 

Awet dan tidaknya kuas pada dasarnya tergantung dengan pemiliknya. Jika Anda sayang dengan kuas lukis tentu akan menjaga kuas tetap awet bukan. Nah Anda pun bisa menggunakan beberapa cara merawat kuas yang ada di atas. 

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari jasa lukis, maka bisa menghubungi jasa mural kami yakni mural jogja. Kami menyediakan jasa untuk pembuatan lukisan pada berbagai macam media lukis. Namun dominasi kami ada pada jasa lukis mural. Sila lihat portofolio kami di akun Instagram kamu Mural Jogja. 

Baca juga: Tips Pemilihan Warna Kamar Sempit Agar Lebih Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *