Cara Mengatasi Dinding Lembap untuk Mural Kafe

Share

Sebelum mengaplikasikan mural pada dinding, Anda harus mengecek kelembapannya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, dinding lembap akan berpotensi menimbulkan bocor pada masa mendatang. Selain itu, bisa juga menumbuhkan lumut. Cat pun tidak akan menempel sempurna pada mural kafe Anda.

Jika hal tersebut terjadi, akan menjadi masalah baru sehingga Anda harus mengeluarkan dana ekstra. Nah, untuk  mencegah hal ini, silakan simak cara mengatasi dinding lembap untuk membuat mural kafe. Berikut ulasannya!

Cara Mengatasi Dinding Lembap untuk Mural Cafe

Memakai Alumunium Foil

Pada dinding yang lembap, Anda bisa menggunakan alumunium foil untuk mengatasinya. Pembungkus makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat, kok! Anda tinggal merentangkan lembaran alumunium foil kemudian potong lah dengan ukuran 20 x 20 cm.

Setelah itu, Anda rekatkan potongan ini pada permukaan dinding memakai lakban. Kemudian, Anda diamkan 24 jam. Jika sudah, lepaskan rekatan tersebut, lalu periksa lah. Apabila ada butiran air maupun embun di alumunium foil tersebut, bisa dipastikan bahwa dinding belum sempurna kering.

Beberapa hari kemudian, Anda lakukan cara ini lagi untuk mengecek lebih lanjut.

Menggunakan Protimeter

Terdapat alat digital yang khusus menangani kelembapan. Alat ini disebut dengan protimeter atau moisture meter. Alat ini memakai dua lempengan besi yang kemudian ditusukkan pada dinding. Apabila lampu indikator protimeter menyala, artinya, dinding telah kering. Anda pun bisa mulai mengecatnya.

Sedangkan lampu indikator yang menunjukkan warna hijau artinya tingkat kelembapan dinding sekitar 20%. Sedangkan warna kuning menunjukkan bahwa kelembapan masih di atas 20%.

Jika warna indikator masih hijau atau kuning, sebaiknya jangan menerapkan mural kafe pada dinding. Alat ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengukur kadar air pada dinding. Melainkan juga untuk bambu, kayu, tembakau, dan kertas.

Apabila dinding kafe sudah selesai, tetapi muncul tanda-tanda kelembapan, maka Anda bongkar semua plesteran dinding berjamur, dan tambal menggunakan plesteran baru. Atau, bisa juga dengan mengaplikasikan cat waterproof.

mural tulisan pada dinding tekstur bata

Nah, jika pengerjaan mural oleh penyedia jasa, benar, maka hasilnya akan tampak sempurna seperti pada gambar berikut ini. Mural tersebut adalah hasil karya dari Mural Jogja. Mural sederhana berbentuk typografi ini berlokasi di Fabio Italian. Dengan mural cantik ini, maka lokasi kafe bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menumbuhkan ide baru.Cek IG Mural Jogja untuk melihat hasil karya lain yang lebih cantik lagi!

Baca juga: MURAL WASTAFEL IDE SEMANGAT CUCI TANGAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *