Cara Membersihkan Kuas dari Sisa Cat Akrilik

Posted on

Kuas adalah salah satu peralatan penting dalam melukis, oleh sebab itu harus mendapatkan perawatan yang benar dan terbaik. Setiap kali Anda selesai menggunakan kuas terutama jenis kuas akrilik sebaiknya dibersihkan secara menyeluruh. Jika dibiarkan saja maka bulu-bulu kuas akan mengeras karena cat. Sebaiknya bersihkan kuas dengan sehingga bisa dipakai beberapa kali. Berikut beberapa caranya

Buang Sisa Kuas

Cara yang satu ini nantinya akan memudahkan dalam pekerjaan Anda. Sebelum membersihkan kuas menggunakan air, sebaiknya balutkan bulu-bulu kuas dengan tisu maupun kain lap dulu. Tekan tisu maupun kain secara lembut saat mengusap sisa dari cat pada kuas. Dengan begitu, proses pembersihan kuas nantinya bisa lebih mudah serta cepat.

Sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak menunda pembersihan kuas jika sudah selesai mengecat atau menggunakan kuas tersebut. Kuas yang digunakan harus langsung dibersihkan jika sudah selesai digunakan agar sisa cat tidak mengeras sehingga bulu kuas tidak rontok.

Usap Pada Kain Lap atau Tisu Dapur

Anda bisa mengusapkan kuas cat di atas tisu untuk dapur atau juga kain lap. Sebaiknya usapkan kuas pada tisu atau kain lap hingga tidak ada cat yang berpindah lagi. Cara yang satu ini akan memudahkan Anda untuk membuang sisa dari cat yang ada pada kuas sebelum dibersihkan.

Mengibaskan Kuas Pada Satu Mangkuk Air

Celupkan kuas dalam mangkuk yang sudah berisi air kemudian kibaskan bulu-bulunya pada dasar mangkuk kira-kira selama beberapa detik. Jangan celupkan kuas terlalu lama ya. Anda hanya harus mengibaskan bulu kuas pada dalam air agar bisa membuang sisa cat.

Apabila Anda ingin memakai mangkuk air untuk membilas kuas dan berganti warna sebaiknya pakai air yang baru. Kuas akan bisa lebih maksimal bersihnya jika Anda mencucinya dengan sabun dan bilas hingga bersih.

Bagaimana Anda ingin bukan jika kuas selalu dalam keadaan bersih dan bisa digunakan lagi beberapa kali. Jika memang iya maka Anda wajib membersihkan kuas dan sisa cat sehingga bulunya tidak mengeras dan rontok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *