5 Jenis Kuas Lukis dan Fungsinya Berdasarkan Bentuk Bulu

Share

Kuas menjadi alat yang cukup penting dalam melukis, bahkan juga cukup berpengaruh pada hasil dari lukisan nantinya. Masing-masing dari jenis kuas sendiri memiliki fungsi dan juga bentuk yang berbeda satu dengan lainnya. Nah di bawah ini jenis kuas dalam melukis berdasarkan bentuk bulu yang dimiliki.

Kuas Lukis Flat

Sesuai dengan namanya jenis kuas yang satu ini mempunyai bentuk ferrule datar, lurus, bahkan pada umumnya juga berbentuk sedikit pipih serta persegi. Tapi ada pula yang bentuknya mirip dengan persegi panjang. Garis gambar yang akan dihasilkan dengan kuas flat bisa sangat baik pada saat Anda hendak membuat kontur lurus. Kuas flat biasanya akan digunakan pada saat melukis di area tepi, terutama untuk ukuran gambar yang kecil agar hasilnya tidak melebar.

Kuas Lukis Round

Round brush atau kuas round biasanya akan digunakan untuk gambar jenis watercolor painting. Mengapa? Sebab kuas jenis ini memiliki sifat yang oleh fleksibel sehingga lebih mudah digunakan. Bentuknya yang bulat memberikan kemudahan dalam membuat garis yang tebal maupun kecil. Kuas Round sangat cocok jika digunakan untuk melukis dengan media kanvas besar.

Sebagai alat yang akan mendukung kebutuhan melukis, kuas jenis ini mempunyai berbagai macam ukuran di mana bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda menggambar objek kecil dan juga cukup detail sebaiknya pilih kuas round dengan diameter terkecil.

Kuas Lukis Mop

Kuas Mop sendiri adalah kuas yang dibuat dari bahan dasar bulu domba atau bulu tupai, sehingga bulunya bisa terasa lebih halus. Anda bisa menggunakan kuas ini untuk melukis atau menggambar pada area yang besar. Selain itu kuas mop bisa diaplikasikan untuk membuat warna dari pada lukisan yang hendak Anda buat.

Kuas Lukis Rigger

Kuas rigger memiliki  ujung yang meruncing dan biasa digunakan untuk menggambar sesuatu dengan detail tinggi. Mengapa? Pasalnya kuas rigger akan membantu Anda untuk memperoleh goresan garis dengan bentuk tipis.

Kuas Lukis Fan

Kuas lukis fan mempunyai bentuk melebar dan menyerupai kipas. Anda bisa menggunakannya untuk membuat efek daun, karena dengan kuas ini akan lebih mudah dalam membuat daun bahkan untuk efek yang lebih realis atau terlihat nyata.

Di atas adalah beberapa jenis kuas yang bisa Anda gunakan untuk membuat lukisan. Setiap kuas tentunya memiliki fungsi berbeda satu dengan lainnya yang mana bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dalam menggambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *